Mar 31, 2009

I'm doing it again


Yoga,dulu saya sering sekali melakukannya,karena notabene saya adalah orang Bali dimana dulunya saya memeluk agama Hindu, yang mana ber-yoga itu pasti rata2 sudah fasih, karena memang untuk ibadah, dulunya memeluk agama Hindu? ya, duluya, sekarang setelah saya menikah, saya crossing over, tapi bukan ini yang ingin saya bicarakan, saya ingin mengeluarkan pendapat saya pribadi mengenai YOGA.

akhir2 ini saya merasa kurang terkontrol secara, body, mind and soul, bukan sesuatu yang buruk, bukan juga merasa bermasalah dengan rumah tangga dan tetek bengeknya, kurang terkontrol disini mengacu pada diri sendiri, termasuk diantaranya bersikap bijaksana dalam segala hal, juga dengan menstabilkan niat, semua itu datang dari pikiran, mind control, dan terkadang untuk mengontrol pikiran, kita juga pada saat yang bersamaan harus mengontrol hati dan jiwa, agar semua selaras berjalan, fokus. yang jadi masalah disini adalah YOGA =kontroversi.

didalam agama yang saya peluk saat ini, yoga dianggap sesuatu kegiatan yang membawa atmosfir lain selain Tuhan,ada beberapa yang menganggap begitu, ada pula yang tidak. saya tidak ingin membahas anggapan orang, tetapi saya ingin mengeluarkan pendapat pribadi, YOGA....suatu hal yang sudah biasa saya lakukan dulu karena ibadah, yang mana yoga biasanya saya lakukan setelah melakukan kewajiban saya sembahyang 3x sehari. yoga yang saya lakukan adalah berkonsentrasi, kemudian menarik nafas, menahan, dan menghembuskan, yang disebut dengan pranayama. kemudian kita mengucapkan mantranya, setelah itu biasanya yang saya lakukan adalah, memusatkan pikiran melihat pada satu titik yang saya imajinasikan sebagai lilin terang, agar pikiran terfokus pada satu titik tersebut, setelah itu saya berusaha berkonsentrasi dengan menutup panca indra,kemudian mengalirkan energi positif semesta alam dan di bayangkan tertransfer di tubuh, setelah itu biasanya saya trisandhya,terus begituuuu......

Yoga yang saya lakukan sekarang berbeda.
sebagian orang melihat Yoga adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan, sekarang saja kabarnya Malaysia sudah mengharamkan yoga karena dianggap musrik,di Kristen sendiri yoga dianggap menerima kekuatan lain selain Tuhan.
Sedangkan teman2 saya dan juga keluarga saya yang Hindu mengatakan bahwa mereka itu beribadah kok, ngga yang gimana2.....kesimpulan saya adalah, kalo yang agama lainnya melakukan yoga seperti yang saya jabarkan diatas ya emang ndak boleh, kan memang itu untuk ibadah, setiap orang punya hak untuk itu....
lalu yoga apa yang boleh dong kalo gitu? ya yoga yang hanya memusatkan pikiran kita untuk fokus , bersyukur pada Tuhan, menerima kebahagiaan dari Tuhan, sesuai dengan keyakinannya masing2, yoga yang sekarang saya lakukan adalah berkonsentrasi agar mendapat pikiran yang positif dalam menjalani kehidupan sehari2, melatih kesabaran melalui ketenangan,menciptakan atmosfir yang positif, pengaturan nafas, that's it.
disini saya ingin mengatakan bahwa, yoga hanyalah sebuah kegiatan memulihkan kondisi rohani, jiwa dan raga, tentu dengan cara melakukannya dengan kepercayaan masing2.

0 comments:

 

mY jOuRnaL Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon modified by Veagy